i think i

Rabu, 26 Desember 2012

Teknologi Informasi Sebagai Keunggulan Kompetitif

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. 

a. lingkungan perusahaan
Lingkungan adalah pola semua kondisi – kondisi atau faktor – faktor eksternal yang mempengaruhi atau menuntun kearah pengembangan perusahaan. 
Organisasi harus secara efisien dan efektif dalam menciptakan, mengalokasikan dan mengangkap serta membagi pengetahuan dan keahliannya untuk mengaplikasikan dalam menyelesaikan masalah dan memanfaatkan peluang.penghargaan dan pelembagaan peran pengetahuan dan pembelajaran merupakan pendekatan yang efektif untuk membangun landasan kemampuan bersaing organisasi. organisasi harus mengartikulasikan kemauan strategiknya, mengidentifikasi pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakan strategi yang diinginkan, dan membandingkannya dengan pengetahuan actual untuk menjembatani perbedaan strategic. Perusahaan memiliki banyak hubungan terhadap pihak eksternal, hubungan ini dapat dilihat dan tercermin dalam berbagai macam hubungan yang terkait. 

b. keunggulan kompetitif
Banyak cara untuk mencapai keunggulan kompetitif diantaranya: menyediakan barang dan jasa dengan harga murah; menyediakan barang dan jasa lebih baik daripada pesaing; dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.
Ada 3 pokok penting mengenai 3 contoh keunggulan kompetitif 
1.Tidak satupun perusahaan di atas yang puas hanya mengandalkan sumberdaya fisik  untuk menjadi pesaing yang tangguh.
2.Tidak ada aplikasi komputer inovatif yang memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan secara terus menerus.
3. Ketiga perusahaan tersebut memusatkan sumberdaya informasi mereka pada para pelanggannya.

c. Perencanaan strategik
Perencanaan jangka panjang juga dikenal sebagai perencanaan strategis karena mengidentifikasi tujuan-tujuan yang akan memberikan perusahaan yang paling menguntungkan dalam lingkungannya, serta menentukan strategi untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.  

d. Konsep Sumber Daya Informasi
Manajemen sumberdaya informasi adalah aktivitas yang dijalankan manajer pada semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi, memperoleh, dan mengelola sumber daya informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi keperluan pemakai.
Elemen-elemen yang diperlukan adalah:
1.Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumber daya informasi    yang unggul
2.Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional utama
3.Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
4.Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan saat mambuat perencanaan strategis
5.Rencana strategis formal untuk sumbe daya informasi
6.Strategi untuk mendorong dan mengelola end-user computing   

sumber : nurulhaj19.wordpress
fitriaprielia.blogspot           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar