Teknologi Informasi Sebagai Keunggulan Kompetitif
Teknologi Informasi
adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan
tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan
dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
a. lingkungan perusahaan
Lingkungan adalah pola semua kondisi – kondisi
atau faktor – faktor eksternal yang mempengaruhi atau menuntun kearah
pengembangan perusahaan.
Organisasi harus secara efisien dan efektif dalam menciptakan,
mengalokasikan dan mengangkap serta membagi pengetahuan dan keahliannya untuk
mengaplikasikan dalam menyelesaikan masalah dan memanfaatkan
peluang.penghargaan dan pelembagaan peran pengetahuan dan pembelajaran
merupakan pendekatan yang efektif untuk membangun landasan kemampuan bersaing
organisasi. organisasi harus mengartikulasikan kemauan strategiknya,
mengidentifikasi pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakan strategi yang
diinginkan, dan membandingkannya dengan pengetahuan actual untuk menjembatani
perbedaan strategic. Perusahaan memiliki banyak hubungan terhadap pihak
eksternal, hubungan ini dapat dilihat dan tercermin dalam berbagai macam
hubungan yang terkait.
b. keunggulan kompetitif
Banyak cara untuk mencapai keunggulan kompetitif diantaranya: menyediakan barang dan jasa dengan harga murah; menyediakan barang dan jasa lebih baik daripada pesaing; dan memenuhi kebutuhan khusus suatu
segmen pasar tertentu.
Ada 3 pokok penting mengenai 3 contoh keunggulan kompetitif
1.Tidak satupun perusahaan
di atas yang puas hanya mengandalkan sumberdaya fisik untuk menjadi
pesaing yang tangguh.
2.Tidak ada aplikasi
komputer inovatif yang memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan secara
terus menerus.
3. Ketiga perusahaan
tersebut memusatkan sumberdaya informasi mereka pada para pelanggannya.
c. Perencanaan strategik
Perencanaan jangka
panjang juga dikenal sebagai perencanaan strategis karena mengidentifikasi
tujuan-tujuan yang akan memberikan perusahaan yang paling menguntungkan dalam
lingkungannya, serta menentukan strategi untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
d. Konsep Sumber Daya Informasi
Manajemen sumberdaya informasi adalah aktivitas yang dijalankan
manajer pada semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi,
memperoleh, dan mengelola sumber daya informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi
keperluan pemakai.
Elemen-elemen yang diperlukan adalah:
1.Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui
sumber daya informasi yang unggul
2.Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional
utama
3.Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
4.Perhatian pada sumber daya informasi perusahaan saat mambuat
perencanaan strategis
5.Rencana strategis formal untuk sumbe daya informasi
6.Strategi untuk mendorong dan mengelola end-user computing
sumber : nurulhaj19.wordpress
fitriaprielia.blogspot
Tidak ada komentar:
Posting Komentar